Zhernia's_niar

Just another WordPress.com weblog

SUPLEMEN

Kenali Suplemen sebelum Mengonsumsi
MANUSIA kadang memerlukan suplemen sebagai makanan tambahan. Namun, tidak sembarang suplemen bisa dikonsumsi. Kita perlu tahu apa kandungan suplemen yang kita konsumsi dan apa saja efek sampingnya.
“Suplemen adalah tambahan yang dapat berupa makanan atau obat. Selama ini persepsi masyarakat, suplemen adalah bahan tambahan yang berasal dari bahan-bahan herbal. Ini tidak sepenuhnya benar karena ada suplemen yang memiliki kandungan bahan kimia. Tetapi, karena kandungan herbalnya yang lebih banyak, maka inilah yang dijadikan nilai jual,” ungkap Prof. dr. Dwi Sutanegara, konsultan endokrin metabolik RS Sanglah.
Sebelum mengonsumsi suplemen lebih baik konsultasi dengan dokter. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apa kandungan yang terdapat dalam suplemen tersebut. “Masyarakat harus kritis. Jangan segan bertanya atau konsultasi dengan dokter. Kalau diberi obat atau suplemen, tanyakan apa kandungan obat tersebut, berapa dosisnya, dan apa efek sampingnya. Kalau malu bertanya, bagaimana bisa tahu. Baca juga etiket yang ada dalam kemasan obat atau suplemen. Ini juga menjadi informasi apa khasiat suplemen yang dikonsumsi,” tandas ahli penyakit dalam ini.
Siapa saja yang perlu suplemen? Suplemen sebaiknya dikonsumsi orang tua, orang yang memiliki penyakit kronis, dan orang yang mengalami defisiensi imun. Orang tua perlu suplemen karena mereka kerap mengalami gangguan metabolisme. Gangguan ini berupa menurunnya sel beta pancreas dalam menghasilkan hormon insulin. Selain itu, pembuluh darah orang tua juga kaku, dindingnya tebal, dan fungsinya menurun. Komplikasi dari semua ini bisa menyebabkan perkapuran pembuluh darah (atherosclerosis). Jika pembuluh darah ini pecah, bisa memicu serangan jantung dan stroke.
Bagi penderita penyakit kronis seperti TBC, paru-paru, ginjal, dan diabetes perlu juga suplemen. “Suplemen ini berfungsi meringankan penderitaan orang yang sakit. Suplemen yang biasa direkomendasikan adalah diasulin, diabeton, imunofit, siloxi, oxivit, dan optimax. Suplemen ini dikonsumsi tiap hari. Namun, belum ada penelitian tentang perbandingan apakah orang yang sakit dan mengonsumsi suplemen lebih bertahan atau orang yang sakit tetapi tidak mengonsumsi suplemen yang lebih bertahan,” tandas pria asal Jembrana yang ahli penyakit diabetes ini.
Dari mekanisme terjadinya penyakit, ada trace element dan antioksidan yang diperlukan tubuh. Trace element adalah elemen kecil yang jika jumlahnya kurang bisa berdampak buruk bagi tubuh. Yang termasuk trace element adalah zinc (Zn) dan selenium (Sn) sedangkan yang termasuk antioksidan adalah vitamin E dan vitamin C dosis tinggi. Kebanyakan suplemen mengandung unsur-unsur trace element dan antioksidan sehingga direkomendasikan oleh dokter untuk dikonsumsi. Namun, ada juga produsen obat yang “nakal” dengan mengaburkan daftar kandungan yang terdapat dalam suplemen sehingga dokter pun tidak berani memberi rekomendasi.
Mantan kepala bagian/SMF Penyakit Dalam FK Unud/RSUP Sanglah ini menambahkan ada beberapa suplemen yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan kematian. Ini biasanya terjadi pada pasien yang sakit jantung. Karena itu penderita sakit jantung diharapkan berhati-hati mengonsumsi suplemen atau konsultasikan dengan dokter, apa saja suplemen yang diperkenankan untuk dikonsumsi. Penderita yang memiliki gangguan pembuluh darah juga disarankan untuk berhati-hati dalam memilih suplemen.
Prof. Dwi Sutanegara juga mengatakan selama ini Indonesia sering mengacu pada FDA (BPOM-nya Amerika Serikat) dalam memberikan rekomendasi suplemen. Ia menyontohkan masih beredarnya suplemen seperti Viagra dan Cialis. “Manfaat yang didapat lebih banyak daripada ruginya. Makanya suplemen ini masih beredar. Tetapi, jika ditemukan ada dampak buruk seperti kematian atau kesakitan setelah adanya post marketing surveillance, suplemen bisa ditarik dari peredaran,” tegasnya

Suplemen Organik buat Sang Anak
Sulit makan adalah problem yang biasa terjadi pada anak-anak. Beberapa di antara mereka tidak menyukai sayuran dan buah. Tentu saja masalah ini membuat repot orang tua. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap memenuhi asupan nutrisi si kecil. Nah, untuk mengatasi situasi ini, Anda butuh siasat yang tepat.
Buah merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan air dan elektrolit yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air dan komposisi air dalam tubuh haruslah seimbang. Selain itu buah juga mengandung gizi, vitamin, mineral, antioksidan, phytochemical, serat, dan prebiotik.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari mengonsumsi buah ini, maka dianjurkan untuk memakan buah setiap harinya. Guru Besar Ilmu Pangan dan Gizi Prof Dr Ir Ali Khomsan Ms. mengatakan pola makan yang buruk dan buah merupakan makanan yang bisa digunakan untuk pola makan yang sehat. Cara mengonsumsi buah pun bisa dilakukan dengan berbagai cara jika anak malas mengunyah. Dibuat jus misalnya.
Bila usaha ini gagal, Anda bisa mencari jalan lain. Memberikan organic supplement misalnya. Untuk menghindari hal terburuk, ada baiknya Anda memilih suplemen organik. “Organic supplement merupakan suplemen yang berasal dari bahanbahan alami dan lebih bagus untuk kesehatan,” ujar Ali.
Dia menuturkan, jika mengingat kata organik, maka yang harus diingat adalah tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga akan lebih sehat. Seseorang yang mengonsumsi food organic supplement akan mempunyai peluang kecil untuk terkontaminasi dengan pupuk pestisida.
“Tingkat keamanan pada food organic supplement lebih besar dibandingkan suplemen nonorganik karena tingkat kontaminasinya lebih sedikit dengan bahan kimia,” sebut Ali.
Untuk anak-anak yang mengonsumsi supplement organik ini belum diketahui seberapa bagus khasiatnya, tetapi yang pasti jika diberikan sejak dini pada anak yang susah makan dengan asupan gizi yang lebih sedikit, maka itu jauh lebih baik.
Hal yang sama juga diutarakan ahli nutrisi suatu perusahaan food supplement, Sun Hope, Fatimah Syarief AMG STP. Dia mengatakan, suplemen organik bisa diberikan kepada anak, terutama anak yang dalam masa pertumbuhan.
“Suplemen organik memang hampir sama dengan supplement nonorganik yaitu bahan aktif zat gizi dan nutrisi yang mudah dikonsumsi, hanya saja yang membedakan adalah sumber bahannya, yaitu berasal dari tanaman herbal atau organik,” kata Fatimah yang sedang melanjutkan program master Ilmu Gizi di Universitas Negeri 11 Maret.
Fatimah yang juga ahli gizi dari Departemen Kesehatan ini menjelaskan bahwa food supplement organik yang memiliki bahan dasar dari tanaman organik, termasuk tumbuhan hijau dan buah-buahan tidak semuanya dapat dijadikan bahan dasar suplemen organik.
“Untuk bahan-bahan tersebut yang terpenting adalah memiliki sertifikasi dari USBA Organik, yang menjelaskan bagaimana cara melakukan penanamannya, apakah benar-benar alami,” ujar lulusan Teknik Pangan Universitas Sahid Jakarta.
Banyak manfaat yang bisa diberikan dari suplemen food organic, yaitu membantu tubuh untuk proses detoksifikasi. Selain itu juga mengandung lebih sedikit vaksin dan lebih tinggi jumlah vitamin, mineral, dan antioksidannya. “Tingkat konsumsi suplemen food organic lebih baik dan lebih disarankan diberikan sejak dini pada anak karena untuk menghindari penyakit, termasuk penyakit degeneratif
suplemen, seberapa penting??
Sejak dikenal secara luas di masyarakat pada akhir tahun 1998, suplemen mencapai masa-masa keemasan hingga sekarang. Banyak produsen menawarkan suplemen-suplemen andalan mereka dengan cara beragam dengan menggembor-gemborkan keunggulan kandungan masing-masing produknya. Sebelum anda terlanjur membeli sebaiknya teliti dulu kandungan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Kalsium
Selain untuk memperkuat tulang dan gigi, ternyata kalsium juga dapat menurunkan berat badan. Suplemen ini sangat cocok untuk anda yang menjalani terapi diet. Kalsium yang dikonsumsi sebanyak 1.200mg per hari. Segelas susu hanya memberi 300mg asupan kalsium. Jika perhari anda mengkonsumsi 3 gelas susu, itu sudah cukup untuk kebutuhan kalsium anda per hari. Jika tidak, tambahan suplemen akan membantu namun jangan melebihi 2500mg kalsium per hari.
Kreatin
Berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan massa otot. Cocok untuk anda yang ingin meningkatkan performa dan penampilan. Konsumsi perhari yang dianjurkan sebesar 5 gram/hari.
Omega-3
Berfungsi untuk melindungi jantung. Namun asam lemak omega-3 ini harus dipasok dari luar tubuh karena tubuh tidak memproduksi asam lemak essensial. Omega-3 membuat jantung berdetak teratur, menjaga system imunitas tubuh, tekanan darah dan tingkat trigliserida agar tetap rendah. Manfaat lain mencegah terjadinya resiko penggumpalan darah. Banyak penelitian menunjukan pada orang dengan tingkat omega-3 tinggi memiliki resiko paling rendah terhadap kematian akibat penyakit jantung. Jumlah konsumsi yang dianjurkan untuk yang bermasalah dengan jantung adalah 2000-4000mg/hari. Untuk orang sehat cukup mengkonsumsi sebesar 1000mg/hari.
Vitamin E
Kabar yang menggembirakan buat yang ingin menjaga penampilan agar tampil segar dan awet muda. Vitamin E merupakan pilihan utama karena vitamin E merupakan antioksidan terkuat, menurunkan resiko penyakit mata, jantung, kanker, bahkan Alzheimer. Selain itu juga bisa memperbaiki kerusakan otot pasca olahraga. Konsumsi lah 400 international unit (IU) /hari. Umumnya multivitamin hanya mengandung 45 IU vitamin E. sangat kurang bukan? Nah, untuk asupan dari sumber lain, lebih baik mengkonsumsi vitamin E alami yaitu dengan lebih banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan minyak. Karena vitamin E sintesis lebih sulit di olah tubuh.
Folic Acid
Keunggulan utama folic acid adalah untuk pembentukan sel darah merah dan memaksimalkan kerja sel saraf.selain itu folic acid menjaga tingkat homocysteine tetap rendah. Homocysteine merupakan asam amino yang meningkatkan resiko penggumpalan darah. Tanda-tanda awal Alzheimer seperti kehilangan sebagian besar memori, adalah karena tingginya kadar homocysteine dalam tubuh. Dan umumnya pasien Alzheimer mengalami kekurangan folic acid. Konsumsilah folic acid sebesar 500mcg/hari dapat menurunkan kadar homocysteine hingga 18% bahkan lebih. Sumber alami folic acid dapat ditemukan pada roti,jeruk, kacang,dan sereal.
Kromium
Selain dikenal sebagai suplemen untuk perkembangan otot, kromium juga berfungsi untuk menjaga kadar insulin. Kromium meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin, sehingga kadar gula dalam darah lebih mudah dikendalikan. Bagi anda yang memiliki resiko terkena diabetes, suplemen ini bisa dijadikan pilihan utama. Konsumsilah 35mcg /hari.

June 1, 2010 - Posted by | Kuliah |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: