Zhernia's_niar

Just another WordPress.com weblog

plyometric training taekwondo

Pengertian plyometric training

Plyometric adalah jenis latihan yang diranvang untuk memprodoksi cepat, pergerakan cepat, dan meningkatkan fungsi-fungsi system saraf, umumnya untuk tujuan meningkatkan kinerja tertentu dalam olahraga plyometric gerakan, dimana otot yang diambil dan kemudian mengontarak diurutan cepat, menggunakan kekuatan, elastisitas dan innervation dari sel-sel otot dan sekiternya untuk menendang lebih keras, tergantung pada tujuan yang diinginkan dalam pelatuhan. Plyometric digunakan untuk meningkatkan kecepatan atau kekuatan dalam kontraksi otot, seringkali dengan tujuan untuk meningkatkan kekerasan dalam menendang.

Plyometric juga melibatkan pelatihan praktek plyometric gerakan untuk menguatkan sel-sel untuk merangsang syaraf tertentu pola kontraksi otot sehingga menghasilkan otot yang kuat sebagai kontraksi mungkin dalam waktu singkat. Plyometric kontraksi pertama melibatkan pesat lengthening gerakan otot, diikuti dengan fase istirahat pendek, maka sebuah gerakan eksplosif otot yang memungkinkan otot untuk bekerja sama dalam melakukan gerakan tertentu. Plyometric pelatihan yang melibatkan myostatic-refleks yang merupakan kontraksi dari otot otomatis ketika ada syaraf reseptor yang merangsang.

Plyometric latihan menggunakan gerakan eksplosif untuk mengembangkan daya tahan oto, kemampuan untuk menghasilkan sejumlah besar memaksa kontraksi bekerja lebih cepat. Plyometric pelatihan bertindak pada urat, otot, dan tendons seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan output tanpa harus meningkatkan kekuatan maksimal.

Manfaat dari plyometric training pada olahraga tae kwon do

Untuk memaksimalkan para atlet yang berpotensial dalam memperoleh kekuatan, maka dilakukan adaptasi agar seseorang atlet tae kwon do dapat mengembangkan kemampuan utamanya, yaitu:

a. Daya kekuatan

Untuk mendapatkan daya kekuatan yang maksimal maka dilakukan latihan menggunakan beban yang lebih berat, daya merupakan penentu kualitas yang diperlukan dalam setiap jenis olahraga atau setiap gerakan.

b. Daya kecepatan

Kecepatan merupakan salah satu yang terinteegrasi dengan kekuatan, dalam tae kwon do kecepatan sangat berparan sekali dalam olahraga ini, karena selain untukmenyerang juga dugunakan untuk menghindar.

c. Daya tahan

Daya tahan merupakan suatu kemampuan untuk mengembangkan kekuatan secara konsisten di seluruh permainan saat bertanding maupun disaat latihan.misalnya pada saat melakukan latihan tendangan biasanya menggunakan itungan waktu dalam satuan menit mendapatkan tendangan berapa.dan pada saat pertandingan dapat bertanding dalam waktu cukup yang sudah ditentukan.

d.Daya reaktif

Daya reaktif merujuk juga dalam kemampuan untuk menghasilkan kekuatan dan daya tahan dalam melakukan pertandingan maupun dalam proses latihan berlangsung. Pada daya ini cukup penting untuk melakukan reaktif langsung tergantung pada kecepatan bergerak pada saat melakukan serangan atau menghindar.

Program-program latihan plyometric pada olahraga tae kwon do

A. Plyometric training pada olahraga tae kwon do

1..Kekuatan tendangan

a.Melakukan latihan menggunakan beban yang cukup,dan melakukan lari saat melakukan pemanasan.

b.melakukan tendangan menggunakan intensitas waktu

c.melakukan system kombinasi gerakan-gerakan kaki

2. Latihan gerakan menghindar

a.Melakukan gerakan melompati punggung teman.

b.Melakukan lari zig-zag.

c. Melakukan gerakan-gerakan secara berulang-ulang.

d. Melakukan hindaran yang biasanya diberikan oleh pelatih.

3. Latihan serangan

a.Atlet diharapkan dapat melakukan serangan

b.Melakukan tendangan atau pukulan dengan menggunakan sasaran.

c.Latihan sparing dengan teman sepermainan

d.Menyaerang selalu diutamakan dalam setiap pertandingan

4.Latihan tangkisan

a.Selalu melakukan gerakan yang berupa tangkisan

b. Menangkis apabila duberi latihan serangan memdadak

c.Menghafal gerakan tangkisan

5.Melatih kekuatan kaki,karena dalam tae kwon do mengutamakan gerakan kaki

a.melakukan lari sprint atau lari dengan jarak jauh

b.melakukan gerakan yang bersifat kemampuan kekuatan

c.Melatih gerakan-gerakan kaki dengan memberi sedikit beban

Plyometrik training tae kwon do

Plyometrik training tae kwon do dalam satu minggu dilakukan dua kali, dengan proses latihan:

1.Hari pertama

a. Latihan daya tahan,dengan lari jarak jauh dan lari sprint dapat dikatakan latihan fisik.

b.Melakukan gerakan seperti pus-ap,sit-up,back-up,dan sebagainya.

c.Melakukan tendangan ataupun melakukan tangkisan,serangan dan pukulan.

d.Latihan pemantapan tehknik

2.Hari kedua

a.Latihan pemantapan materi

b.Tes sparing dengan lawan sepermainan

c.evaluasi

March 31, 2010 - Posted by | Sport Science |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: