Zhernia's_niar

Just another WordPress.com weblog

ILMU KESEHATAN

Ilmu yang memppelajari tentang kesehatan dalam kehidupan masyarakat,yang mempunyai pilar ilmu kesehatan masyarakat diantaranya(Soekidjo Notoadmojo2003):

  1. Epidemologi : mempelajari penyakit-penyakit menular dan penyakit infeksi dan mencakup 3 elemen yaitu (mencakup semua penyakit, populasi, pendekatan ekologi)
  2. Static kesehatan : tujuannya adalah merupakan pendekatan modem untuk menyajikan mengenai konsep-konsep dasar dan metode statistic secara lebih jelas.

Manfaatnya membantu pengelola dan para pelaksana program KB-Kes khususnya dalam mengambila keputusan yang selanjutnya akan dipakai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berbagai kegiatan yang dilakukan.

Statistic kesehatan : penilaian atau assismen terhadapa kesehatan individu yang didasarkan pada pemeriksaan fisik, pemeriksaan labioratorium, dan pemeriksaan-pemeriksaan lainya yang berhubungan dengan kesehatan.

  1. Kesehatan lingkungan : suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehinggga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimum pula. Ruang lingkup kesehatan ( perumahan, pembuangan kotoran manusia, penyediaan air bersih, pembuangan sampah, air limbah, dan sebagainya.
  2. Gizi masyarakat yang diawali dari fungsi makanan yaitu:
  • Memelihara tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan serata mengganti jaringan tubuh yang rusak
  • Memperoleh energy guna melakukan kegiatan sehari-hari
  • Mengatur metabolism dan mengatur berbagai keseimbangan air, mineral dan cairan tubuh yang lain
  • Berperan didalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Zat-zat makanan yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ini dikelompokkan menjadi 5 macam diantaranya:

  • Protein, diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ,protein hewani, fungsinya: membangun sel-sel yang rusak, membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormon, membentuk zat inti energy
  • Lemak yang berasal dari minyak goring, daging, margarine, dan berfungsi: menghasilakan kalori terbesar dalam tubuh manusia, sebagai pelarut vitamin A,D,E,K, Sebagai pelindung terhadap bagian-bagian tubuh tertentu.
  • Karbohidra berdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Fungsi karbohidrat: untuk salah satu pembentuk energy yang paling murah, karena pada umumnya sumber karbohidrat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang merupakan makanan pokok.
  • Vitamin-vitamin yang dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin A dan B) dan vitamin yang tidak larut dalam lemak(vitamin A,D,E,K)

March 31, 2010 - Posted by | Kuliah |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: